Materi Mobile Programming

BERIKUT INI BEBERAPA INOVASI TEKNOLOGI SMARTPHONE 2017 YANG AKAN DITERAPKAN DAN HADIR DALAM SEBUAH SMARTPHONE.

DUAL CAMERA 
Teknologi dual kamera sudah banyak diterapkan pada smartphone keluaran terbaru tahun 2016 ini hususnya untuk seri flagship para vendor global. Teknologi dual kamera pada smartphone ini pertama kali diperkenalkan oleh HTC One M8 sejak tahun 2014 lalu, namun tidak dilanjutkan. Di tahun 2016 ini, hadir beberapa smartphone yang sudah memiliki fitur dual camera yaitu diantaranya Huawei P9, LG G5, LG V20, iPhone 7 plus dan Xiaomi Mi5.
Teknologi Dual camera ini diprediksi akan menjadi tren teknologi smartphone 2017, karena sudah didukung dengan kehadiran produsen chip yang sudah mendukung teknologi dual camera ini. Dual kamera akan menjadi standar baru fotografi smartphone di tahun 2017, karena fungsi dual camera mampu menghasilkan foto lebih bagus daripada single kamera.

DESAIN SMARTPHONE MODULAR

Dengan desain smartphone modular memungkinkan dilakukannya upgrade hardware pada suatu perangkat. Meskipun Project Ara dihentikan, namun kehadiran desain smartphone modular masih akan terus berlanjut. Sebut saja Motorola yang berencana menghadirkan 12 tipe baru Moto Mods di tahnu 2017 mendatang dan salah satunya merupakan tango enable Mod. Tidak usah jauh-jauh, tahun 2016 kemarin LG G5 sudah menjadi pelopor hadirnya desain smartphone modular di Indonesia. Pengguna LG G5 sudah bisa mengupgrade komponen smartphone seperti baterai, kamera dan komponen lainnya. Nah, belum lama ini muncul di Jerman smartphone modular Shift5+. Shift5+ ini merupakan smartphone yang dapat berjalan di dua OS, yakni Android dan Windows 10 Mobile. Meski punya kemampuan dual boot sistem operasi, namun antar sistem operasi tidak dapat dijalankan bersamaan, melainkan harus bergantian.

LAYAR 4K

Jika tahun 2016 layar yang paling populer adalah Full HD (1920x1080 piksel) dengan rata-rata ukuran layar 5,5 inchi dengan ketajaman densitas 400 ppi. Memang di tahun 2016 ini juga sudah ada beberapa smartphone yang hadir dengan teknologi layar Quad HD (QHD) atau yang sering juga di sebut dengan layar 2K yang memiliki 2560 x 1440 piksel dan densitas layar hingga 538 ppi pada layar berukuran 5,5 inchi. Beberapa smartphone yang sudah menerapkan layar 2K seperti Samsung Galaxy S6 Edge, samsung Galaxy S7, HTC One M9+, Google Nexus 6P, Motorola Moto Turbo,  LG G4 dan LG G5.
sepertinya tahun 2017 kita akan dimanjakan dengan ketajaman layar smartphone 4K yang akan menjadi standar baru layar smartphone. Layar 4K memiliki resolusi 4096 x 2160 piksel, agak lebih sedikit daripada Ultra HD 3,860 x 2,160 pixels. Memang sepertinya kita belum melihat ada smartphone yang memiliki layar 4K ini di tahun ini, yang paling tajam yaitu Sony Xpera Z5 Premium yang menawarkan ketajaman layar Ultra HD namun mampu memutarkan video 4K dengan lancar.




DESAIN LAYAR TANPA BEZEL

Adalah Samsung Galaxy S6 Edge yang menggebrak pasar lewat desain layar membulat pada bagian tepinya. Dengan desain ini sepertinya layar smartphone penuh dan tanpa tepi. Namun beberapa vendor smartphone mulai benar-benar menghadirkan smartphone tanpa tepi (tanpa bezel) seperti Xiaomi Mi Mix. Smartphone ini memang di desain dengan layar yang lebih besar daripada bentuk bodynya yang menjadi lebih keren dilihat dan tentu saja ukuran layar yang lebih luas. Tren smartphone tanppa beel ini akan menjadi standar baru tampilan desain layar smartphone 2017.

USB TYPE-C AUDIO

Selamat tinggal lubang jack headset 3,5 mm. Tahun 2016 tiba-tiba saja vendor smartphone merasa bahwa lubang jack 3,5 mm tersebut tidak nyaman dan harus dihilangkan. Penggantinya yaitu USB Type-C yang sudah ditemukan lama namun baru mulai tren tahun 2016 ini.

Port USB Type-C ini mulai dipasangkan pada smartphone terbaru di 2016 sebagai pengganti lubang jack yang benar-benar dihapuskan. Adalah iPhone 7 yang menjadi pelopor pertama smartphone tanpa lubang Jack headset 3,5 mm yang kemudian diikuti oleh vendor smartphone Android lainnya seperti Motorola, HTC, LeEco dan lainnya. Sepertinya tahun 2017 akan menjadi era smartphone jack-less dan kebangkitan USB Type-C.


VR DAN AR

Tahun 2016 bisa dibilang sebagai kebangkitan dari teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Sudah bukan hal yang aneh lagi kita menyaksikan bertapa banyaknya headset VR dipasaran, bahkan Lenovo sudah menjadikan VR ini sebagai fitur andalan jualan smartphone mereka. Beberapa vendor juga muali melengkapi sensor Gyroscope dalam smartphone mereka untuk mendukung VR ini. Dan tahun 2017 mendatang teknologi VR ini akan berlanjut dan terus meningkat popularitasnya.

Sedangkan teknologi Augmented Reality (AR) ini sejalan dengan perkembangan VR, sebut saja booming Pokemon Go menjadi titik awal kebangkitan AR. Diprediksikan tahun 2017 teknologi AR akan terus berkembang, yang paling dekat adalah Huawei Honor Magic yang menjadi smartphone berisikan paket bundling AR lengkap sudah siap meluncur awal tahun depan begitu juga dengan project tango yang Google melalaui seri Lenovo Phab 2 Pro, ASUS yang akan memperkenalkannya pada ajang CES 2017 dan juga Motorola yang siap meluncurkan AR Moto Mod tahun depan.

SMARTPHONE RAM 8GB

Tahun 2016 ini ita sudah melihat kehadiran smartphone dengan RAM 6 GB seperti diantaranya Xiaomi Mi Note 2, Samsung Galaxy C9 Pro, Le eco Le max 2, OPPO R9 plus, Xiaomi Mi Mix, ZTE Axon, Asus Zenfone 3 Deluxe, ZUK Z2 Pro hingga Vivo XPlay5 Elite. Bahkan vendor sekelas Samsung saja masih bertahan dengan RAM 4GB dan belum menemukan racikan yang pasa untuk main-main di RAM 6GB.
Namun tahun 2017 sepertinya berebeda, baru-baru ini Samsung mengumumkan kemampuan mereka menciptakan chipset RAM 8GB, tidak sendirian perusahaan SK Hynix juga sudah siap memproduksi chip RAM 8GB secara massal. Tak bisa dihindari lagi, smartphone RAM 8 GB akan menjadi tren di tahun 2017.
Tidak hanya itu saja chipset berbasis 10 nm Finfet yang mendukung RAM 8GB ini juga akan menjadi tren 2017 mendatang.  Qualcomm Snapdragon 835 akan hadir dengan teknologi 10nm, selanjutnya ada juga Samsung yang memperkenalkan teknologi 8895 yang siap meluncur 2017. Qualcomm sendiri masih bekerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan prosesor 10nm, dengan teknologi FinFet.
INILAH LIMA PLATFROM TERBAIK 2017

ANDROID OS - GOOGLE INC.
Siapa yang tidak tau dengan sistem oprasi yang satu ini, di indonesia sendiri sudah banyak pengguna smartphone dengan sistem oprasi Android, karna memang sudah tidak diragukan lagi kecanggihannya dan fitur - fitur yang disediakan, karna sistem oprasi android juga sangat mudah untuk digunakan dalam berbagai hal, yang lebih terkenal yang menggunakan sistem oprasi ini adalah merk ternama smartphone yaitu Samsung, akan tetapi sekarang sudah banyak smartphone - smartphone yang sudah menggunakan sistem oprasi android. Android juga adalah OS terkemuka saat ini di pasar sistem operasi smartphone untuk perangkat mobile. Ini diluncurkan pada September 2008 dengan nama 'Astro', kemudian ke versi Bender & Cupcake yang diperbarui. Tapi kemudian Google mengadopsi ' Android ' sebagai judul untuk versi baru update reguler mereka. Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice-cream sandwich, Jelly-bean, KitKat atau Lollipop dan sekarang Marshmallow - itu adalah versi update pada Android OS. Hal ini diprogram dalam C, C ++, Java & didukung oleh kernel Linux dan diproduksi oleh Google Inc. karna memang OS ini berasal dari keluarga Google, yang telah membuat kesan yang besar di pasar mobile OS, bukan hanya itu saja sekarang menjadi jauh mudah untuk membuat aplikasi Android dengan alat online yang selanjutnya tidak memerlukan pengetahuan pemrograman yang mendalam. Dan itulah sebabnya ada jutaan aplikasi Android terbaru yang tercipta setiap harinya dan disimpan secara terbuka di toko App [app Resmi: Google Play Store ]. Karena kemampuan beradaptasi dalam aplikasi dan produktivitas di OS termasuk ketersediaan aplikasi gratis, Google telah mengatakan lebih dari 12k perusahaan menggunakan atau menguji 'Android' diantaranya ada beberapa perusahaan yang paling populer adalah Samsung, LG, HTC, Sony, Micromax, Lenovo, Motorola dan banyak lagi. Multitasking, sangat menyesuaikan kemampuan, berbagai widget - ini adalah fitur terbaik dari Android. Termasuk Android tablet ; beberapa smartphone terlaris berbasis Android OS adalah Samsung Galaxy S6, Samsung J7, LG G4, Lenovo K4 Catatan, Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Note 5
IOS - APPLE INC

Ini salah satu sistem operasi khusus untuk perangkat mobile yang dirancang khusus dan dikembangkan untuk penggunaan perangkat Apple seperti iPhone, iPad & iPod dll Ini diprogram dalam C, C ++, Objective-C, Swift & Sudah diluncurkan pada bulan Juli 2007. iOS yang dikembangkan oleh Apple Inc - perusahaan tidak lisensi iOS untuk perangkat pihak ketiga, sehingga sistem operasi ini hanya tersedia hanya pada perangkat manufaktur mereka sebagai basis inti disediakan oleh Apple Mac OS X sistem operasi. Mungkin ada perdebatan tentang perbandingan Android vs sistem operasi iOS. Meskipun, iOS tidak terbaik di segala sesuatu tetapi menawarkan paket terbaik dari fungsi mobile. Masih dalam perbandingan, iPhone yang terbaik dalam fitur kamera, rekaman video dengan gerakan lambat [sampai dengan 60 frame per detik.] Dan sampai sekarang memegang spesifikasi teknologi terbaik. Jika kita mengabaikan harga, maka ini adalah salah satu yang terbaik ponsel perdagangan di pasar dan itulah mengapa masih memberikan perjuangan untuk Android. Resmi Apple Store mencakup jutaan aplikasi untuk berbagai fungsi; dan dengan update baru dari versi iOS, memungkinkan pengguna untuk menggunakannya untuk bisa multitasking pada operasi seperti dari bermain gitar di ponsel kemudian melakukan pembayaran hanya dengan sidik jari. Biasanya, ekstensi file yang digunakan aplikasi iOS .ipa file paket yang dapat Anda gunakan untuk menginstal langsung melalui iTunes perangkat lunak yang dirancang khusus untuk iPhone, iPad , dan iDevices lainnya.

SERI 40 [S40] OS - NOKIA INC.

Nokia memang dulunya adalah ponsel paling canggih dieranya, akan tetapi karna perkembangan zaman yang begitu cepat membuat merk ternama ini tergeser dengan kemunculan berbagai jenis perusahan smartphone lainnya, Nokia menggunakan sistem oprasi fungsionalitas berbasis S40 OS untuk menjalankan ponsel mereka secara efisien. S40 OS memungkinkan pengguna untuk menginstal hanya aplikasi berbasis java di smartphonenya, Ponsel ini menggunakan .jar paket file untuk aplikasi java untuk dapat berjalan di S40 sesuai. Karena ini tidak memiliki fungsi, beberapa model populer seperti Asha Line termasuk 309, 310 dan 311 telah dipromosikan sebagai smartphone tetapi mereka tidak dapat memberikan dukungan fitur pintar seperti game HD, multitasking fleksibel atau browser HTML. Dalam perbandingan S40 vs Android atau iOS, S40 S karna kurangnya di fitur tetapi mereka adalah yang terbaik dalam kasus baterai terhemat dan tahan lama; karena ini, mereka berada di posisi ke-3 setelah iOS di pasar mobile OS. Ovi Store adalah pasar aplikasi resmi yang berisi ribuan aplikasi yang berhubungan dengan perangkat S40. Nokia adalah satu-satunya produsen yang menggunakan S40 OS di ponsel mereka. pengguna S40 yang berbeda dari pengguna OS pintar. Beberapa Nokia ponsel terbaru & terlaris smartphone berbasis Series 40 OS adalah Nokia Asha Series, Nokia X2, Nokia X3, Nokia 6750 Mural, Nokia 7510 Supernova, Nokia 5330 Mobile TV Edition, Nokia 6260 slide, Nokia 8800 Emas Arte, Nokia 5310 XpressMusic dan banyak lagi. Sebagian besar ponsel S40 S tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan Android / iOS ponsel. 


BLACKBERRY OS - BLACKBERRY LTD.

Ini adalah OS yang sangat khusus untuk ponsel Blackberry. Ini adalah model closed source yang ditulis dalam bahasa C ++ oleh pengembang BlackBerry Ltd Pertama versi 1.0 diluncurkan oleh Research In Motion [RIM] Januari-1999 untuk Pager blackberry 850 dan setelah 4 tahun mereka merilisnya lebih stabil dan fleksibel yaitu versi 3.6 resmi untuk smartphone seperti Blackberry 5810. Ini juga disebut sebagai BBX, pada tahun 2015 Blackberry 10 diluncurkan yang menyediakan multitasking maju dan HTML browser penuh. Blackberry terkenal karena tombol trackball yang tampaknya seperti tombol menu yang terlihat di perangkat Android / iOS. Dibandingkan dengan iOS & Android, BlackBerry adalah yang terbaik untuk digunakan sebagai Bisnis Telepon. Ini termasuk aplikasi bisnis yang paling penting, aplikasi email-client dan menyediakan semua kontrol yang dibutuhkan oleh organisasi perusahaan IT bagi setiap bisnis untuk menjalankanya secara aman. Ada lebih dari 35 juta perangkat blackberry terjual habis, dan setengah dari mereka adalah perusahaan-terhubung. The BlackBerry Enterprise Server [BES] adalah yang terbaik & fitur unik bahwa semua orang bisnis terkenal tentang dan mereka tahu nilainya tidak hanya karena itu aman dan konsisten rute file mereka yang paling penting tetapi juga, ia menyediakan manajemen perangkat mobile yang sangat aman kontrol melalui Over The Air [OTA] kontrol pemberitahuan. Dan itulah sebabnya, dalam hal keamanan, blackberry adalah pilihan terbaik dari massa ke massa. dari beberapa pengguna tapi kebanyakan dari adalah orang-orang bisnis yang membuat BlackBerry OS untuk mendapatkan daftar di posisi ke-4 di pasar OS smartphone di atas OS Window. BlackBerry World adalah toko aplikasi resmi untuk aplikasi BlackBerry gratis & dibayar untuk smartphone dan tablet mereka . Biasanya file aplikasi datang dalam file zip yang berisi paket aplikasi dengan ekstensi .cod & .alx. Beberapa smartphone terlaris berdasarkan BlackBerry OS adalah Blackberry Z3, Blackberry Z10, Blackberry Q10, Blackberry Curve 9360, Blackberry Paspor & Blackberry Leap. Smartphone ini menggunakan BlackBerry OS terbaru v10.3.1 tapi salah satu yang paling populer blackberry smartphone 'Blackberry Priv' adalah smartphone berbasis Android yang berjalan pada Lollipop v5.1.1 Android.

Windows OS - Microsoft Corporation
Sistem Oprasi kursus ini juga dikembangkan oleh Microsoft seperti OS komputer, itu hanya seperti versi diperbaharui dari PC OS tetapi terutama desain dan dikembangkan untuk platform mobile. Awalnya, Nokia telah menghentikan pengembangan Symbian OS, yang kini diakuisisi oleh Microsoft, dan itu berubah menjadi OS Windows sebagai OS utama untuk smartphone mereka. Microsoft Corporation Inc menyatakan mereka baru merilis platform smartphone ' Windows Phone ' pada Februari 2010. Sekarang OS terbaru ini dari Microsoft Windows 10 untuk PC dan smartphone. Windows OS ini memiliki GUI sendiri yang unik [grafis antarmuka pengguna] - disebut sebagai antarmuka pengguna ubin berdasarkan - yang membuat mereka lebih bergaya dibandingkan dengan pesaing mereka. Desain dan fungsi bahkan telah dipoles, sebagian besar pengguna merasa sedikit rumit untuk mengoperasikannya. Microsoft bekerja keras pada user interface yang ditunjukkan oleh live tiles resizable desain - yang membantu pengguna, misalnya, untuk menampilkan informasi lebih lanjut langsung melalui ikon aplikasi tanpa membuka aplikasi apapun. Hal ini jelas, sebagai OS built-up yang berasal dari keluarga Microsoft, OS ini memberikan dukungan terbaik untuk melihat, mengedit dan membuat dokumen office. Selain itu, alat-alat seperti Microsoft Word, PowerPoint, Excel yang ada langsung di ponsel Windows Anda. Aplikasi Windows - Microsoft toko adalah toko aplikasi resmi yang berisi ribuan aplikasi gratis dan aplikasi berbayar dengan kategori, ulasan pengguna dan fungsi sesuai dengan kebutuhan anda. Beberapa smartphone terlaris berdasarkan OS Windows adalah Microsoft Lumia 540 dual SIM, Microsoft Lumia 640 XL LTE, Microsoft Lumia 535, Microsoft Lumia 550, Nokia Lumia 630, Nokia Lumia 730, Nokia Lumia 930, Nokia Lumia 520 dan banyak lagi .

Hubungan tiap platform
Tetapi semua jenis platform/sistem operasi sebenarnya sama saja tujuannya sama-sama untuk menjalankan smartphone. Tetapi perbedaannya hanya di tampilan GUI, Kapasitasnya dan cara penggunaannya saja.
Jika di suruh memilih salah satu platform yang saya inginkan jika berdasarkan harga dan kemudahan mengakses segala sesuatu saya lebih memilih platform android os akan tetapi jika saya harus memilih membuat software pada platform mana saya akan memilih ios karena sifat platform yang closesource dan juga pengguna platform ini cenderung memiliki tingkat keinginan membeli aplikasi yang tinggi disbanding pengguna platform android os

IDE (Integrated Development Environment)
IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak.Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.
Sebuah IDE, atau secara bebas dapat diterjemahkan sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu, setidaknya memiliki fasilitas:
       Editor, yaitu fasilitas untuk menuliskan kode sumber dari perangkat lunak.
       Compiler, yaitu fasilitas untuk mengecek sintaks dari kode sumber kemudian mengubah dalam bentuk binari yang sesuai dengan bahasa mesin.
       Linker, yaitu fasilitas untuk menyatukan data binari yang beberapa kode sumber yang dihasilkan compiler sehingga data-data binari tersebut menjadi satu kesatuan dan menjadi suatu program komputer yang siap dieksekusi.
       Debuger, yaitu fasilitas untuk mengetes jalannya program, untuk mencari bug/kesalahan yang terdapat dalam program.
Sampai tahap tertentu IDE modern dapat membantu memberikan saran yang mempercepat penulisan.Pada saat penulisan kode, IDE juga dapat menunjukan bagian-bagian yang jelas mengandung kesalahan atau keraguan
Contohnya     : Netbeans, Eclipse

SDK (Software Development Kit)
Software Development Kit ( SDK atau bisa disiebut ” devkit “) adalah satu set Perangkat lunak Pengembangan yang memungkinkan sobat buat menciptakan aplikasi, kerangka kerja perangkat lunak , platform perangkat keras, sistem komputer , konsol video game , sistem operasi , atau serupa platform

IBM Simon
IBM Simon Personal Communicator pertama kali diluncurkan dalam pasaran Amerika Serikat pada 16 Agustus 1994, dengan mengusung desain berbentuk kotak persegi pajang yang lengkap dengan antena diatasnya serta memiliki berat kurang lebih sekitar 500 gram. Menariknya lagi, pada waktu itu handphone tersebut sudah memiliki layar touchscreen yang berwarna hijau, serta dilengkapi dengan pen stylus untuk mengoperasikannya.
Pada saat pertama kali meluncur IBM Simon belum disebut dengan smartphone, karena nama “smartphone” belum begitu banyak di kenal oleh masyarakat pada waktu ini. Dan pada waktu itu juga IBM Simon tersebut sengaja dibuat untuk ditujukan pada para pebisnis yang membutuhkan sebuah alat komunikasi. IBM Simon bisa digunakan sebagai alat komunikasi untuk menerima telephone yang bisa dihubungkan dengan mesin Faximile. Selain itu, perangkat tersebut juga dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung lainnya seperti, kalender dan juga email.
Harga yang ditawarkan oleh IBM Simon adalah $899 atau setara sengan $14,000 di masa kini, Smartphone IBM Simon ini terjual hingga 50.000 unit. Simon dibekali dengan ruang penyimpanan yang cukup besar di masanya, yakni 1MB.

NOKIA N95
Nokia N95 merupakan sejenis telefon bimbit keluaran syarikat Nokia. Nokia N95 memiliki keupayaan sokongan bagi menerima gelombang 850/900/1800/1900/WCDMA. Nokia N95 turut dilengkapi dengan penerima gelombang FM. Nokia N95 dilengkapi dengan system pengoperasian Symbian S60 dan saiz bagi Nokia N95 adalah 99 x 53 x 21 mm. Dengan berat sekitar 110 gram , ia memiliki ketahanan selama 6.5 jam bual dan 220 bersedia.
Nokia N95 turut dilengkapi dengan kamera 5.0MP / 0.3MP CMOS. Selain itu Nokia N95 memiliki 160MB/8GB ingatan bina dalam. Nokia N95 turut menyokong ingatan tambahan dari jenis micro SD/Maksima 2GB. Format audio yang disokong oleh Nokia N95 adalah MP3, Midi. Selain itu ia turut memiliki daya dering 64 Polifonik.Nokia N95 menyokong system perutusan SMS/MMS/Mel elektronik menggunakan system sambungan GPRS/WAP/Wi-Fi, selain memiliki ciri-ciri lain seperti A2DP, TV-Out, GPS, Carl Zeiss.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Operasi-Operasi dasar single dan double linked list

MATERI BASIS DATA